tips walking interview

waktu itu saya pernah ngelamar kerja di suatu perusahaan, tanpa tes.. hanya membawa surat lamaran+cv ke perusahaan tersebut dan langsung interview.. biasanya walking interview seperti ini terjadi karena info lowongan didapat dari rekomendasi teman/ seseorang yang punya kenalan di perusahaan tersebut..

nah, saya mau berbagi 10 tips untuk para fresh graduate yg mau walking iterview ;) ini versi cicifera ya, maklum kalo banyak kurangnya.. hehe..

#1. kenali perusahaan
=> cari informasi tentang segala sesuatu mengenai perusahaan tersebut. dari sejarah, profil, sampai ke cara kerja atau habit pegawai2 disana.

#2. tidur lebih awal
=> jika besok akan interview, maka malam ini usahakan untuk tidur tidak larut malam. supaya besok bisa bangun pagi dan bisa fresh, tidak terlihat lusuh atau masih mengantuk.

#3. sarapan
=> ini penting! ga lucu ketika interview tiba-tiba perut kita bunyi “kriuk”. kalau tidak terbiasa sarapan nasi atau bubur, minum susu/ teh dan roti juga sudah cukup.

#4. berpakaian rapi
=> pakai kemeja, rok atau celana bahan, sepatu yang nyaman dan tidak membatasi gerak tubuh. pakai parfum, sedikit saja. bagi wanita, gunakan make-up agar tampak lebih menarik, tapi yang natural saja jangan terlalu mencolok.

#5. datang tepat waktu
=> bila perlu, datang 15menit sebelum interview. klise ya, tapi ini menunjukkan antusiasme kalian untuk bekerja di perusahaan itu.

#6. senyum & jabat tangan
=> saat pertama bertemu penguji, ulurkan tangan sambil tersenyum. perkenalkan diri, tidak ada salahnya untuk menyapa lebih dulu.

#7. tatap mata penguji
=> ketika terjadi pembicaraan, tatap mata penguji, bicara dengan lembut tapi tegas dan cukup terdengar. usahakan agar tidak bertele-tele, jawab pertanyaan tengan tepat.

#8. bergerak secukupnya
=> maksudnya, kurangi gerakan2 yang tidak wajar, misalnya : cetak-cetik pulpen, corat-coret kertas, atau gerakan lainnya yg biasanya dilakukan ketika gugup.

#9. bertanya
=> jika penguji memberi kesempatan untuk bertanya, tanyakan saja apa yang ingin diketahui secara teknis. improvisasi saja, daripada terjadi kebekuan atau sama2 terdiam. tapi hati-hati, jangan terlalu banyak bertanya, nanti dikira ga tau apa-apa.

#10. ucapkan terimakasih
=> setelah percakapan selesai, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih, senyum dan berjabattangan kembali. jangan lupa untuk meminta kepastian, kapan selambat-lambatnya kita bisa menerima kabar dari mereka.

@cicifera

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s