Bandung Air Show (BAS) 2010

Tanggal 23-26 September 2010 kemarin, diadakan Bandung Air Show (BAS) 2010 di Lapangan Udara Hussein Sastranegara. Acara ini diselenggarakan, untuk menyambut hari jadi Kota bandung yang ke-200.

Hari Minggu (26 September 2010), saya dan Adiyanto ke sana. Jam 1 siang jalan menuju ke bandara masih macet dan ramai antrian kendaraan. Kami sampai bandara sekitar jam 2 siang. Di sana masih ramai masyarakat yang mengantri loket pembelian karcis.  Cuma dibuka 2 loket masuk, dengan harga karcis masuk sebesar Rp 7.500,00.


Pertama sampai, kami melihat atraksi terjun payung yang membawa bendera TNI AU, FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) Kota Bandung dan lainnya (tidak terlihat jelas). Selanjutnya kami melihat pesawat komersil malaysia dan airasia yang sedang menunggu penumpang naik.

Di sana banyak pesawat yang dipamerkan. Pesawat TNI AU, pesawat latih, pesawat-pesawat yang dirancang dan dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia (PT.DI) / IPTN.

“Wah, Indonesia hebat ya.. Bisa bikin pesawat dan punya pabrik pesawat..  “, komentar saya ke Adiyanto.

Saya senang, diajak Adiyanto ke acara ini. Dia tau banyak tentang pesawat, karena hobi dan kakaknya pilot. Saya banyak tanya tentang pesawat dengan dia, tanya ini itu.

Seharusnya pihak penyelenggara, menyediakan beberapa guide TNI AU untuk menjelaskan dan memberi informasi tentang pesawat, TNI AU dan industri pesawat terbang di Indonesia.

O iya, bagi warga yang hobi fotografi, ada juga lomba foto kedirgantaraan disana. Jangankan yang hobi fotografi, hampir semua pengunjung yang datang, foto bersama dengan pesawat.

Semoga pameran seperti ini bisa diadakan tiap tahun sekali atau beberapa tahun sekali, agar masyarakat Indonesia terus ingat bahwa Indonesia itu hebat, bisa merakit dan memproduksi pesawat.

Dari sekian ribu orang yang datang, ada nggak ya yang anak/adik/ponakannya yang bilang gini :

“aku kalo besar mau jadi Pilot.. ” atau “aku kalo besar mau masuk TNI AU.. “

who knows, hehe.. :P

@cicifera

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s