Tentang Ngeblog dan Batagornet

Terinspirasi dari on air #bdgbgt kemarin malem, gw mau ngebahas tentang ngeblog dan BatagorNet di mata gw..

Awalnya gw ikutan BatagorNet itu berkat info n ajakan kang Yudha (senior gw di LabNet). Waktu itu gw masih kuliah, lagi suntuk sama rutinitas dan pengen masuk komunitas baru. Kopdar pertama gw di toko cokelat, baca tulisan cici Sasha di sini. Gw kenalan sama orang-orang baru dengan kehidupan, hobi dan kesibukan masing-masing. Batagor menerima gw dengan welcome, hangat! :) gw langsung bisa membaur.. Pertanyaan yang paling mengkhawatirkan saat itu adalah “fera blognya apa?” dan gw bilang aja ga ada, haha.. memang belum punya saat itu..

Hari-hari berikutnya, gw mulai explore tetang buat blog n bagaimana jadi seorang blogger. Dibantu Aldi, jadilah blog pertama gw di blogspot ^^ Tapi blog ini ga pernah ditulis, haha.. Gw malah lebih tertarik merapikan, ganti-ganti template, cari widget, dll. -_-” Sampai akhirnya, gw blog-walking, berkunjung ke blog teman, dan melihat cerita tentang skripsi dan wisudanya. Merasa terpancing, gw tulislah proses tugas akhir dan wisuda gw di blog, hihi.. Sejak saat itu gw mulai nyaman dengan menulis.

Kalo kata Ami, setiap orang punya karakter menulis dan gaya bahasa yang berbeda. Semua orang bisa menulis, bedanya.. mau atau tidak seseorang itu mengasah kemampuannya ;) Bagaimana cara mengasah kemampuan menulis? Dengan banyak menulis. Tet tot, kurang tepat! Mengasahnya dengan banyak membaca, lalu menulis :) Mungkin awalnya kamu akan terbawa dalam gaya bahasa sang penulis yang bukunya sering kamu baca. Kok ga jadi diri sendiri gitu ya? Tenang, dengan banyaknya jam terbang kamu dalam menulis, kamu akan menemukan gaya bahasa-mu dengan sendirinya. Tidak ada yang identik *kecuali copas* :p

Ide atau inspirasi tulisan bisa datang darimana aja, dari diri sendiri, oranglain n lingkungan :) Bisa jadi dari apa yang kamu dengar (cerita orang lain, tv, radio, musik, dll.), yang kamu lihat (kondisi sekitar, buku bacaan, jejaring sosil, dll.), dan yang kamu rasa.. Ayo belajar untuk lebih peka.. Saat ide itu datang, tulis (buat list ide) atau rekam idenya untuk kamu tulis ulang nantinya. Jangan sampe idenya nguap gitu aja ;)

Udah punya niat nich, banyak ide di kepala, tapi gimana nulisnya ke blog? Ga ada cara lain selain memulai, tulis! Jangan ragu, jangan di-edit dulu, biarkan ide mengalir melalui jarimu :) Jangan hanya mengendap di draft blog atau harddisk laptopmu :p *kacaan* Sesuatu yang dishare itu akan lebih bermanfaat daripada disimpen terus sampe lupa sendiri jadinya, hehe..

Sebaiknya menulis secara rutin dan konsisten. Bagaimana caranya untuk konsisten menulis? Kuatkan alasannya kenapa gw menulis, untuk apa, siapa yang akan dapat manfaatnya. Kalo strong-why nya ini sudah kuat, insyaAllah kamu akan fight untuk itu dan efeknya kamu akan terdorong menulis secara konsiten. Kalo terasa berat, ingat lagi apa alasannya. Kalo dilakukan berulang-ulang, kamu akan terbiasa dan menjadi bisa.

Segitu dulu sharingnya, hihi..
Seseorang dikenang dengan karyanya, ayo menulis, berkarya untuk bangsa.. dan..
Selamat hari blogger sedunia \^^/

@cicifera

Advertisements

18 thoughts on “Tentang Ngeblog dan Batagornet

    1. hm, setiap blogger kan punya gaya bahasa sendiri tur ;)
      emang ada ya peraturannya kalo “gw” harus berpasangan dengan “lo”, atau “saya” dengan “kamu”? :p
      ga bagus ah mengkotak-kotakan gitu.. harus bisa lebih terbuka dengan pemikiran orang lain :)

    2. mau nambahin dikit :)

      menulis di blog tdk seperti menulis laporan yang harus jelas dan sesuai aturan

      semua orang bisa jadi blogger
      walau tak mendapat nilai sempurna di pelajaran bahasa. imho.

  1. menulis buat mengenjoykan diri saja saya mah
    siapa tau nanti jadi rezekinya di blog :)

    salam kenal mba, pengen ikutan batagornet dong .. hehe

    1. hoho, bang hendri bisa aja :”> boleh, nanti kalo ada kopdar InsyaAllah diajakin ya ;) bugan n rezzy udah join batagor loh.. mamih juga mau ikutan katanya :D

  2. sekali buka batagornet langsung nemu blog yang isinya inspiring nulis blog. haha.. isi-nya nambah semangat nulis blog nih. ternyata nyari bacaan atawa blogwalking tuh emang seru ya. moga aja next nemu tulisan yang simple tapi inspiring yang kek begini lagi haha. gpp ya saya yang numpang lewat ujug-ujug komen. hehe

  3. Pingback: 1 Minggu 1 Cerita | cicifera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s