Tips Moveon Dengan Baca Doa

Baru putus cinta? Diselingkuhin? Ada masalah dengan orang tua? Atau punya masalah lainnya?

Yap, semua orang bisa aja punya masalah.. Bisa sedih, galau, pikiran stress atau perasaan kacau ga karuan.. Saya pernah ngerasain diselingkuhin dan digantungin ga jelas disaat sibuk-sibuknya nyusun skripsi (pas ngejer sidang pula) :'( Sempet ngedrop tuh yang namanya perasaan dan otak, dikit-dikit mewek XD Males makan, mata bengkak, berat badan turun, untung ga sampe sakit, hihi..

Tapi dari kejadian itu, saya jadi belajar banyak hal :) Banyak makna dari setiap kejadian kan.. Walau sakiiitt bener rasanya..

Salah satu yang saya pelajari adalah.. Bagaimana caranya untuk bangkit disaat kesedihan melanda :) Biar cepet moveon, ini dia tips dari saya yang bisa kamu coba ;)

  1. Biasanya kalo sedih, kita sukanya curhat :D Ketemu si A, curhat. Ketemu si B, curhat. Di socmed, curhat. Padahal hanya sebagian kecil yang bener-bener peduli. Yang lain itu cuma KEPO, cuma pengen tau aja perkembangan “kisah” kamu. Selain itu, kalo kamu curhat dengan orang yang ga tepat, saran yang dikasih bisa jadi menyesatkan :D Semua orang berpeluang besar jadi tau masalah kamu, atau bahkan aib kamu :/ Kalo ga tahan pengen curhat, tempat curhat terbaik adalah orang tua dan Allah SWT :) Coba deh curhat sama Allah di sepertiga malam dan perbanyak sedekah atau berbuat baik untuk orang lain ;)
  2. Jauhin benda yang bisa membuat kamu inget dengan hal-hal yang kamu sedihin. No stalking juga ya.. Kamu harus bisa menjaga perasaan kamu sendiri ;) Dengerin musik atau lagu yang bisa membuat kamu semangat, jangan lagu melo! Syukur-syukur kalo kamu dengerin mp3 tilawah.. Adem deh dengerin Al-Qur’an, lebih adem lagi kalo kita yang baca Al-Qur’an nya ;D
  3. Hijrah. Cari lingkungan dan teman yang optimis, follow akun positif di socmed, gerak! lakuin aktivitas yang nyenengin di luar kamar, nonton film action/ comedy, masuk komunitas yang seru atau ikutan gym/ yoga/ pilates/ aerobik/ TRX, dll. Ajak minimal 2-3 teman kamu, kalo sendirian ga seru :p
  4. Ke salon, potong rambut :D Dress-up, biar merasa cantik terus :* Merawat diri itu harus ;) Mandi 2x sehari, pakai lotion setelah mandi, maskeran atau luluran di rumah.. Jangan mentang-mentang lagi galau, trus jadi males mandi XD Iyuuh~
  5. Kesehatan juga perlu dijaga ;) Kadang kalo lagi galau, jadi males makan :D Harus makan dong.. Walau sedikit tapi teratur. Perbanyak makan sayur dan buah. Minum air putih yang banyak dan joging untuk menjaga kebugaran tubuh kamu.
  6. Sholat jangan lupa! Sesedih-sedihnya kamu, jangan sampe ninggalin sholat fardhu ;) Plus sholat sunnah seperti sholat hajat, istikharah dan tahajud :) Segerakan yang fardhu dan biasakan yang sunnah. Terus berdoa, minta diberi ketenangan, hati yang kuat dan penyelesaian masalah yang baik. InsyaAllah sholat di sepertiga waktu malam ini bakal bener-bener efektif, apalagi saat hati kita tulus dan bersungguh-sungguh dalam berdoa.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seseorang tertimpa kegundahan dan kesedihan lalu berdoa (doa yang didasarkan pada hadis dari Abdullah bin Mas’ud radliyallah ‘anhu di bawah ini) melainkan Allah akan menghilangkan kesedihan dan kegelisahannya serta menggantikannya dengan kegembiraan”.

Doa Penawar Hati Yang Duka

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجِلَاءَ حُزْنِي وَذَهَابَ هَمِّي

Allaahumma innii ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatik, naashiyatii biyadik, maadlin fiyya hukmuk, ‘adlun fiyya qadlaa’uk, as-aluka bikullismin huwa laka, sammaita bihi nafsaka, au anzaltahuu fii kitaabika, au ‘allamtahu ahadan min khalqika, awis ta’tsarta bihii fii ‘ilmil ghaibi ‘indaka, an taj’alal Qur’aana rabii’a qalbii wanuura shadrii wajalaa’a huzni wa dzahaaba hammii

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak hamba laki-laki-Mu, dan anak hamba perempuan-Mu. Ubun-ubunku berada di tangan-Mu. Hukum-Mu berlaku pada diriku. Ketetapan-Mu adil atas diriku. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau namakan diri-Mu dengannya, atau Engkau turunkan dalam Kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seorang dari makhluk-Mu, atau yang Engkau rahasiakan dalam ilmu ghaib yang ada di sisi-Mu, agar Engkau jadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya bagi dadaku dan pelipur kesedihanku serta pelenyap bagi kegelisahanku.”

Yang terakhir adalah.. Istiqomah atau Konsisten! Terus-menerus mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menjalankan ibadah sebaik-baiknya dan sebisa mungkin menghindari dosa ;) Pelan-pelan, sedikit demi sedikit, secara terus-menerus berubah untuk lebih baik..

Kalo kata mamah mertua, “Berkah Allah itu susah dicari mba.. Di dunia ini kalo Allah ga mengizinkan ya ga akan terjadi. Minta sama Allah, jaga kualitas ibadahnya agar Allah mendengarkan doa-doanya. Sepertiga malam bangun buat solat, tadarus habis subuh atau magrib paling ga satu ain ﻉdan mulai puasa sunah seperti senin-kamis.”

Oiya, ketinggalan! Tips pertama nih harusnya.. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah.. Senyum!

Apapun kondisi kamu, ayo bangun, jangan di kamar aja XD Tubuh dan pikiran itu bisa saling mempengaruhi. Maafkan dirimu, maafkan orang lain, terima keadaan, percaya pada Allah pasti hal itu adalah hal itu lah yang baik untuk kamu :) Berpikir positif, berteman dengan orang-orang positif, lihat sekelilingmu dan bersyukur atas semua hal yang terjadi saat ini.. Dan kamu harus selalu ingat, kamu ga sendiri :)

yuk senyum

So, berani moveon? ;)

– @MbakFer –

Advertisements

9 thoughts on “Tips Moveon Dengan Baca Doa

  1. Subhanallah… Saya suka sama postingannya, mba. Coba kenal sama mba dari dulu, langsung manjur ne tipsnya hehehe.. Agak susah sih dulu saya waktu mau move on. Alhamdulillah, Allah memberikan jalanNya untuk saya. hehe.. Semoga bisa menjalin tali silaturahmi yaa, mba :)

  2. Kekuatan doa memang luar biasa mak… Namun teman-teman kebanyakan kalau disaranin suruh berdoa malah dibilang omongan kita yang klise. Terus doanya gak dilakukan deh…qiqiqiqi

    Memang sih klise, tetapi rasa & manfaatnya luar biasa ya mak :)

    1. ya ampun ternyata comment balasan saya kemarin belum kekirim XD salam kenal mak Widy, iya bener, dulu saya juga pernah menganggap saran berdoa itu klise, hihi :”> tapi akhirnya sadar :D yang terasa bagi saya itu shalat, terutama shalat hajat mak ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s