Jangan Main-Main Dengan Hutang

Sebagian kita ada yang senang dengan prilaku hutang, walaupun terkadang dia mampu. Adapula yang memang menjadikan hutang itu sebagai gaya hidupnya. Demi membeli handphone canggih, demi perhiasan mahal, mobil mewah, dll. rela berhutang pada bank, teman, atau sumber dana lainnya. Padahal hutang itu tidak baik karena termasuk perilaku buruk yang akan membuat orang berakhlak/ berprilaku tidak baik, misalnya suka berdusta dan ingkar janji.

“Sesungguhnya seseorang apabila berhutang, maka dia sering berkata lantas berdusta, dan berjanji lantas mengingkari.” (HR. Al-Bukhari).

Lebih dari itu, hutang akan menyebabkan kesedihan di malam hari, dan kehinaan di siang hari. Rasulullah SAW menolak untuk menshalatkan jenazah seseorang yang diketahui masih meninggalkan hutang dan tidak meninggalkan harta untuk membayarnya. Dan dosa orang yang memiliki hutang tidak terhapuskan walaupun dia mati syahid.

“Akan diampuni seluruh dosa orang yang mati syahid kecuali hutang”. (HR. Muslim).

Karena itu, hindari hutang kalo tidak kepepet :D Kalo sudah terlanjur berhutang, berupaya secepatnya untuk membayar hutangnya, jangan ditunda ;) Disini ada doa melunasi hutang yang bisa dibaca sebelum kita tidur :)

Terinspirasi Tulisan Ustadz Fuad Hamzah Baraba’ Lc Via Path @ayuiznie 18/05/2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s