Jangan Mengeluh Kepada Manusia

Jangan mengeluh kepada manusia

Karena, jika Anda mengeluh kepada teman; Anda akan membuatnya sedih.

Dan jika Anda mengeluh kepada lawan; Anda akan membuatnya senang.
Padahal, seharusnya kita membuat senang teman, bukan lawan… membuat sedih lawan, bukan teman.

Oleh karenanya, tampakkanlah keluh kesah hanya kepada Allah.
Semakin banyak Anda mengeluh kepada Allah, Anda akan semakin dekat kepadaNya dan semakin diperhatikan olehNya.

Semakin banyak Anda berkeluh kesah kepada Allah, otomatis Anda semakin tidak perlu berkeluh kesah kepada manusia.. karena “hasbunallohu wa ni’mal wakil”, cukuplah Allah sebagai penolong kita dan Dialah sebaik-baik pelindung yang bisa dijadikan sandaran.

Ustadz Musyaffa Ad Dariny, حفظه الله تعالى

dari @alhikmahjkt – 23 Nov 2015

Hm, iya sih.. Curhat sama manusia itu bikin cape. Belum tentu mereka bisa kasih solusi agar masalah kita selesai dengan baik. Kadang sebagian dari mereka cuma kepo (pengen tau) gimana perkembangan masalah kita. Yang paling buruk, mereka membicarakan masalah kita kepada orang lain, baik disengaja maupun tidak, di depan atau di belakang kita.

Pernah terjadi pada saya hal seperti itu. Saya pernah curhat ke salah satu teman saya. Saya cerita dari awal terjadinya masalah. Setiap ada perkembangan, saya cerita. Sampai suatu saat dia yang merongrong informasi bagaimana perkembangan masalah saya. Besoknya begitu lagi. Mungkin kepuasan batin bagi dia, seperti orang yang ketagihan nonton sinetron kali ya.. Penasaran gimana next nya. *sigh*

Pernah juga saya mengeluh soal pekerjaan saya. Saya curhat ini itu dengan salah satu rekan kerja wanita yg saya percaya. Di kantor itu bisa dihitung dengan jari jumlah wanitanya. Beberapa hari kemudian, ibu hrd menyinggung masalah yg saya keluhkan. Jeng jeng~ Tau dari mana dia? Saya kan curhatnya di luar kantor. Ya mungkin ibu hrd punya kekuatan, bisa membaca pikiran dan hati orang lain :)) *ya kaliii*

Ya begitu lah..

Memang seharusnya kita curhat sama Allah, sholat, doa.. Minta diberikan kemudahan melewati masalah kita, minta diberi petunjuk agar dapat memilih jalan keluar yg baik dan benar.. Kalo gemes pengen ngomong sama orang, perbanyak aja doanya :D Kalo tetep pengen curhat sama orang, curhat aja sama suami (bukan pacar lho ya) atau orang tua. InsyaAllah mereka ga akan buka aib atau masalah kita ke orang lain :) Masalah yg diberikan selalu ada solusinya, yakin saja ;)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s