Ajal menjemput bisa kapan pun, dimana pun..

Saya memang sudah jarang membuka sosial media, kadang hanya liat notifikasi, buka-buka sebentar dan scanning saja :D Hari ini saya terkoneksi kembali dengan teman SMP saya, dokter, perempuan ;) Kemarin saya komentar di foto dia yang muncul di news feed saya. Sudah lama saya ga tau kabarnya. Jadi kepo, praktek dimana ya dia sekarang? Saya buka path nya, scroll-scroll, ternyata dia juga punya batita (yang mungkin hanya sekitar 5 bulan lebih tua dari anak saya). Scroll-scroll, kok ada beberapa postingan foto makam dan anak nya? Dan ada caption “abi” di salah satu foto makam. Terenyuh, sedih seketika. Ternyata suaminya sudah meninggal Ramadhan 2015 lalu :( Innalillahi wainnailaihi roji’un.. Meninggalnya saat tidur setelah solat taraweh. Memang ajal menjemput bisa kapan pun, siap ga siap :'( Almarhum masih muda, kelahiran 1981.

Saya jadi teringat sahabat dan rekan kerja saya, perempuan muda ceria, sekitar 2-3 tahun lebih muda dari saya. Pacarnya juga sahabat saya. Saya ga pernah liat dia sedih, bete, marah besar. Dia periang, suka bercanda, cantik :) Memang semenjak saya dan dia pindah ke perusahaan lain, kami jarang sekali contact. Dia pindah kerja duluan, setahun kemudian saya kena pengurangan karyawan. Dia dapet kabar (ntah dari mana) kalau saya kena PHK. Dia kroscek, tanya ini itu dan saya cerita. Di akhir obrolan, dia bilang, “Ci, kalo kenapa-kenapa, cerita ya, nanti nong yang tanya ke BOD.” Seingat saya, itu obrolan terakhir bersama dia. Sampai akhirnya saya dapat kabar melalui twitter @TMCPoldaMetro tentang kecelakaan toll yang menewaskan sahabat saya. Sedih :( Apalagi saat itu sahabat saya mau menikah. 

Berita duka tuh selalu bisa bikin melo. Sedih rasanya kehilangan orang-orang yang kita sayang. Ajal ga kenal waktu, ga kenal umur. Kadang kita lupa, saat sibuk dengan hal-hal dunia, kita lupa kapan pun ajal bisa menjemput kita :( 

Perbaiki kualitas sholat, solat wajib tepat waktu, solat sunah diperbanyak. Tartil bacaan solat dan zikir setelah solat pun dijaga. Semoga dengan umur yang tersisa sekarang ini, kita bisa lebih banyak lagi beribadah, lebih banyak bersyukur, lebih banyak bersedekah, lebih memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang disenangi Allah dan menjauhkan diri dari hal-hal yang kurang bermanfaat.. Aamiin.. 

Saya percaya bahwa tidak ada yang kebetulan. Semua sudah masuk dalam scenario Allah :) Alhamdulillah sosial media masih memberi manfaat, mengingatkan saya tentang ajal..

   

Leave a Reply

