Mama, masak apa hari ini?

“Mama, masak apa hari ini?”, kalimat ini yang sering terbesit dipikiran saya setiap pagi. Setiap hari masih aja bingung mau masak apa buat Fais dan papanya. Maklum, mamanya Fais ini bukan tipe orang yang kreatif buat masak xD

Saya dari dulu paling males sama pasar sayur, pasar daging dan dapur. Bantu mama masak cuma sekedar metikin sayur :D Sejak SMA saya kost, mau makan tinggal cari warung nasi atau makan di kantin sekolah. Kuliah juga begitu, sama aja.

Kebiasaan ga masak, tinggal beli, praktis.

Nah ini ga baik, dampaknya baru terasa setelah saya jadi istri. “Ini suami mau dikasih makan apa??” *mati lah sayahh :)) Untung suami tau kalo istrinya ga bisa masak :”>

Sekitar pertengahan tahun lalu suami mulai mencoba gaya hidup sehat. Buat infused water, minum jus, makan buah, beras merah, kadang kentang juga. Sambil nemenin suami cari buku resep jus, saya nemu buku ini, “300 Hidangan Sehari-Hari: Lezat Sehat Hemat” oleh Sedap. Ternyata resep sayurnya mudah untuk diikuti. Di buku ini ada juga referensi bumbu dan bentuk potongan yang sering digunakan. Senangnya~~

300 Hidangan Sehari-Hari: Lezat Sehat Hemat oleh Sedap
300 Hidangan Sehari-Hari: Lezat Sehat Hemat oleh Sedap

 

referensi bumbu dan bentuk potongan dalam memasak
referensi bumbu dan bentuk potongan dalam memasak

Dari sini saya mulai tertarik lagi buat belajar masak. Seiring waktu, saya menemukan apps Cookpad yang berisi kumpulan resep masakan rumahan dari banyak sekali member, kita bisa bookmark resepnya, bisa juga kita recook. Apps ini juga sangaatt membantu \^^/

 

apps cookpad, kumpulan resep masakan
apps cookpad, kumpulan resep masakan rumahan


Tips/ cara saya belajar masak (sebagai pemula):

  1. Buka buku atau Cookpad, cari resep yang diinginkan dan baca dulu baik-baik :D Mulai dari resep sederhana/ mudah dulu, lalu resep makanan favorit, baru eksplore resep lain. Untuk tahap awal, ikuti dulu resepnya, jangan dimodifikasi.
  2. Kalau perlengkapan masak masih kurang, lengkapin dulu ya..
  3. Beli minyak dan bumbu dasar (misal: bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, dll.)
  4. Beli bahan (sayur, ayam/ daging, tahu/ tempe, dll.) yang ingin dimasak. Beli sesuai kebutuhan aja, ga perlu banyak. Pilih yang masih segar.
  5. Siapkan diri dan mulai memasak \^^/ Tenang, ga perlu panik. PeDe. “Duh abis ini bumbu apa ya?” “Udah bisa dimasukin belum ya sayurnya” *hihi, itu mah saya xD* Jangan takut salah, jangan takut api, jangan jijik. Jangan males buka bawang, jangan males cuci piring :)) *banyak jangannya ya :D*
  6. Sayur yang matangnya lebih lambat, dimasak lebih dahulu. Misal, wortel dan bayam, yang dimasak wortelnya dulu.
  7. Setelah mulai matang, cicip masakan. Kalau keasinan, bisa tambah gula pasir sedikit. Pake feeling ini mah.. Selera.. *makin sering masak, makin dapet feel nya*
  8. Jangan nyerah ya, saya juga kalau masak masih suka keasinan atau malah kematengan :)) Seringnya kita masak, bisa ningkatin skill masak kita.
  9. Jangan malu bertanya. Bisa ke mama atau keluarga lainnya, bisa ke teman atau tetangga, atau bisa nanya ke pedangan atau sesama ibu-ibu yang lagi belanja :))

 

Tips/ cara saya biar ga bingung mau masak apa:

  1. Buat menu untuk 1 minggu/ menu mingguan dan list bahan-bahannya (sayur, lauk, bumbu, dll.) Belanja sayur per 3 hari, agar sayur tetap segar dan kulkas tidak sesak ;) Tahu dan tempe bisa rusak kalau disimpan di kulkas lebih dari 3 hari.
  2. Rajin search dan baca resep makanan, jadi bisa trial masakan baru dan update menu mingguan.
  3. Rajin ke pasar, liat-liat, mungkin ada jenis sayuran yang belum pernah dimasak sama sekali.
  4. Kalau jenuh dengan daftar menu yang ada, boleh lah sesekali beli makan di luar *sesekali lho yaa~
  5. Kalau lagi kuliner, perhatiin isi menu masakannya, cobain eksplore di rumah ^^ *kalau tips yang ini, saya belum sukses :/
  6. Kalau sudah banyak variant menu yang bisa dimasak, buat menu untuk 1 bulanan/ menu bulanan.

Untuk sayur, saya lebih suka memasak tumisan. Resep andalan karena sering dimasak :9 Tapi jangan lupa, minyaknya jangan terlalu banyak dan siapkan lalap (kalo saya: tomat atau timun) untuk menyeimbangkan minyak.

Ini Resep Tumis Toge Tahu untuk 2-3 porsi (bisa dilihat juga di sini):

Bahan-bahan

Bumbu Dasar:

  • Bawang Merah (4 siung) – Iris tipis
  • Bawang Putih (3 siung) – Memarkan, cincang halus
  • Cabai Merah (4 buah) – iris serong
  • Cabai Rawit (3 buah *kalau suka pedas, bisa ditambah*) – iris bulat
  • Daun Salam (1 lembar)
  • Lengkuas (1 ruas jari) – memarkan
  • Saos Tiram (2 sendok makan) – optinal
  • Minyak Goreng (3 sendok makan)
  • Air Panas (1/4 gelas belimbing)
  • Garam (1/2 sendok teh)
  • Gula pasir (sedikit aja, untuk penyedap)

Sayuran:

  • Tahu cina persegi besar (1 buah) – Potong dadu
  • Toge (1 mangkok)
  • Daun Bawang (3 tangkai) – Iris serong
  • Tomat (1 buah) – Iris sesuai selera

Cara Membuat

  1. Cuci tahu cina, goreng sampai kekuningan dan tiriskan.
  2. Siapkan wajan dan masukkan minyak. Setelah minyak panas masukkan bawang merah dan bawang putih.
  3. Tumis sampai harum, masukkan cabai merah dan cabai rawit, kemudian daun salam dan lengkuas.
  4. Masukkan toge dan tahu. Siram dengan saos tiram dan air panas. Kecilkan api dan aduk hingga toge agak layu.
  5. Masukkan daun bawang dan tomat. Aduk hingga rata.
  6. Beri garam, gula dan cicip. Jika rasa sudah pas, angkat dan sajikan :)

Cara membuat tumisan lainnya hampir sama. Misal untuk tumis bayam jagung manis, tumis pokcoy tofu atau tumis kacang panjang tempe, bumbu dasarnya sama, cuma sayurnya yang beda-beda.

tumis toge tahu , tumis bayam tahu
tumis toge tahu , tumis bayam tahu

 

Ada masakan lain yang juga cukup mudah untuk dicoba dan enak pastinya *soalnya pake bumbu instant :p

Ini dia~~ Resep “Daging Sapi Lada Hitam” untuk 2-3 porsi.

Bahan-bahan

250 gr daging sapi has dalam iris tipis/ iris kotak

Bumbu Dasar:

  • Bawang Putih (3 siung) – Memarkan, cincang halus
  • Cabai Hijau Besar/ Gendot (3 buah) – Iris serong
  • Cabai Rawit (3 buah *kalau suka pedas, bisa ditambah*) – Iris bulat
  • Minyak Goreng (3 sendok makan)
  • Minyak Wijen (1 sendok teh)
  • Tepung Maizena (1 sendok makan) – Larutkan dalam 1 sendok makan air hangat

Sayuran:

  • Paprika Merah (1/2 buah) – Potong dadu
  • Bawang Bombay (1/2 buah) -Iris bulat atau Iris memanjang

Bahan Marinasi/ Rendam:

  • Saus Lada Hitam “Bamboe Asia” (1/2 bungkus)
  • Saos Tiram (1 sendok makan)
  • Garam (1/2 sendok teh)
  • Lada bubuk (1/2 sendok teh)

Cara Membuat

  1. Rebus daging sampai empuk, membuang lemaknya, ambil air kaldu 1/4 gelas belimbing.
  2. Kemudian baluri daging yang sudah empuk dengan tepung maizena dan campurkan dengan bahan marinasi. Diamkan di dalam kulkas selama 1 jam (agar bumbu meresap).
  3. Setelah 1 jam, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan cabai gendot dan cabai rawit.
  4. Masukan daging sapi yang sudah dimarinase, tumis hingga berubah warna.
  5. Masukan paprika merah dan bawang bombay, tambahkan air kaldu dan bumbu instant saus lada hitam. Tutup wajannya, masak hingga mendidih dan matang
  6. Setelah mendidih masukan larutan maizena, masak hingga mengental. Koreksi rasa dan sajikan :)
resep sapi lada hitam paprika
bahan membuat sapi lada hitam
sapi lada hitam paprika
sapi lada hitam

 

Selamat mencoba ya ;) Saya juga masih belajar kok, ga perlu malu.

Saya nyesel, kenapa rasa ingin memasak ini baru muncul setelah menikah :(

Semangaaattt~~~

 

@cicifera

#1minggu1cerita mendukung kamu untuk tetap berbagi cerita setiap minggunya ;)
#1minggu1cerita mendukung kamu untuk tetap berbagi cerita setiap minggunya ;) yuk gabung! bit.ly/why1minggu1cerita

 

 

Advertisements

11 thoughts on “Mama, masak apa hari ini?

  1. tips-tips nya cocok pisan buat para pemula

    *trus jadi ingin juga beli buku masak yang ada contoh sampai ke cara motongnya* –> loba kahayang wkkwkw

  2. Kereeen semangaaatnyaaa!
    Ien mah soal potong2 mah suka-suka. Masih sering gagal, secara suami dulunya kebiasaan beli diwarung huhuuuu…
    Kdg suka kalah sm warteg *curcol

    Selamat memasak :*

    1. hihi, makasih teh :’) masih belajar sayanya xD
      semoga bisa semangat terus ya, konsistennya itu lho teh yang susah, kya nulis blog aja *eh *apa hubungannyaa xD

  3. Hei, Mbak.
    Tips masak buat pemulanya keren nih.

    Direpost di Rocking Mama (rockingmama.id) yuk, Mbak, supaya menjangkau pembaca lebih luas.

    Jika berkenan, boleh langsung ditulis di sana. Nanti akan ada tim editor yang akan memoles tulisan supaya lebih ciamik.
    Tautan panduan menulisnya saya tinggalkan di identitas komentar ini ya. Terima kasih, Mbak :)

  4. Pingback: Memilih dan belajar menjadi ibu rumah tangga - @cicifera

  5. perjuangan menumbuhkan semangat memasak yang perlu di tiru. semoga masakannya semakin lezat dan selalu habis dinikmati dan tanpa di kritik ga enak oleh orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s