Purna Jambore Nasional 2001

Purna Jambore Nasional 2001. Yup! Flashback ini berawal dari posting IG #UploadKompakan yang bertema “Pramuka”, menyambut HUT Pramuka/ Hari Pramuka ke-55 tanggal 14 Agustus 2016 lalu. Saya berusaha mencari benda Pramuka apa yang masih saya punya dan saya menemukan ini:

A post shared by cicifera.com (@cicifera) on


Tahun 2001, saat itu saya SMP kelas 2. Saya terpilih menjadi salah satu anggota regu putri Kontingen Kota Metro (Lampung) untuk dikirim ke Jambore Nasional ke VII di Baturraden (Jawa Tengah), tanggal 3-12 Juli 2001. Ga kepikiran sama sekali bakal ikut acara nasional seperti itu. Bahkan dulu saya ga tau, Jambore Nasional (Jamnas) itu apa x))

Kota Metro mengirim 1 Regu Putra (11 orang) dan 1 Regu Putri (11 orang) dengan 3 kakak pembina (2 pembina laki-laki dan 1 pembina perempuan). Dari SMP saya, terpilih 5 orang perwakilan (3 perempuan dan 2 laki-laki). Kami yang terpilih ini ga langsung berangkat gitu aja, ada pelatihan dan seleksi di kwartir ranting, kwartir cabang, kwartir daerah, baru bisa lolos ke kwartir nasional. Ada pelantikan penggalang dan Jambore daerah juga. Saya lupa seleksinya ngapain aja :)) *sudah 15 tahun lamanya~ Ga jauh dari  SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan  SKK (Syarat Kecakapan Khusus) Penggalang Rakit pastinya ;)

Apa sih Jambore Nasional?

Kemah besar penggalang Pramuka ^^

“Jambore Nasional (Jamnas) adalah Pertemuan Pramuka Penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas). Jambore Nasional dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia.” – Jambore Nasional

Ngapain aja di Jambore Nasional? 

Senang-senang \^^/ eh, beneran…

“Jambore merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.” – Wikipedia

 

Saya ingin sekali bisa mengulang ke masa-masa itu. Banyak sekali kegiatan menyenangkan berbentuk pemaparan (seminar dan pelatihan), lomba dan permainan, serta karya wisata. Saya banyak mendapat ilmu baru dan pengalaman baru. Misalnya, ada perlombaan dayung dan wall climbing. Ada pelatihan teknologi dan internet (dulu yang punya e-mail aja masih jaraaaang banget), outboond, rekam jejak, tukeran perangko dan pameran filateli, bermain di pos science, belajar jadi penyiar radio, ilmu pers dan jurnalistik, seni fotografi, menggambar kartun/ karikatur, anjang sana ke kontingen lain (tukaran badge dan saling tulis biodata karena ga punya kartu nama), pentas seni budaya dan pemutaran film pendek. Ada global development village yang berbentuk penyuluhan go green, hiv/ narkoba, energi, dll.), karnaval dan wisata ke Akmil-Borobudur (saya menyesal ga memilih wisata ke Nusa Kambangan atau ke telaga warna di Dieng). Hampir setiap pos kegiatan memberikan souvenir/ goodie bag, minimal ya buku atau print slide materi.

Selain kegiatan petualangan dan pengembangan diri, pastinya ada kegiatan harian yang membentuk kemandirian, misal: mengambil air untuk mandi (air gunung jadi mesti ditampung dulu, kamar mandinya dari bambu dan agak jauh dari tenda, mesti mengantri), memasak (membantu kakak pembina wanita), cuci piring, cuci baju, menyapu dan beberes tenda, olahraga dan apel pagi, dll. Seru deh jadi anak pramuka, hilang sudah anak mama, wkwkwk..

Berkat ikut Jamnas ini saya juga jadi terbuka pemikiran untuk tinggal di luar Lampung (dulu dunia saya ya seputar Kota Metro aja xD). Ini pertama kalinya saya merantau, walau hanya seminggu. Seminggu aja bawaan udah seabreg. Saya masih ingat, mama dan papa sibuk menuliskan nama saya di semua pakaian saya agar tidak tertukar. Kwartir Cabang waktu itu membekali perlengkapan seperti Seragam Pramuka, Kaos, Sepatu, Sleeping Bag. Sedangkan dari Kwartir Nasional saya mendapat Kaos, Scarf, Kartu tanda pengenal, buku peserta, Kartu kegiatan, Topi dan Tongkat Pramuka. Serba seragam :D

Walau sudah beberapa kali kemah, tapi ini pertama kalinya saya kemah di lereng gunung, mesti cari gundukan tanah dulu biar bisa datar tendanya *biasanya cuma kemah Persami di lapangan :)) kadang suka dibekali nasi bungkus atau malah jajan di emperan lapangan x)) Di Baturraden ini air dan udaranya dingiiin sekali. Bumi perkemahan di kaki Gunung Slamet ini baru dibentuk, masih alami dan sejuk, sesuai sekali dengan Tema Jamnas 2001 “Back To Nature”. Logo Jamnas 2001 juga merepresentasikan tema dan lokasinya. Maskot Jamnas 2001 namanya Bacil, seperti ini rupanya:

Selain mendapat piagam, setiap peserta Jamnas 2001 mendapat Tiska sebagai tanda penghagaan. Bentuk Tiska seperti ini:

tiska jamnas 2001
tiska jamnas 2001

 

Hymne Jamnas 2001:

Kami putra putri bangsa, Pramuka penggalang Indonesia
Datang berkumpul, dari seluruh penjuru di Jambore Nasional
Kami bina persaudaraan, galang persatuan
Di bumi Baturraden, kami berhimpun
Hidup selaras alam membangun jati diri
Doa kami selalu membahana di kalbu
Syukur selalu ku panjatkan, ke hadirat mu Ilahi (2x)

 

Mars Jamnas 2001:

Nah kalau Mars Jamnas 2001 ini saya lupa xD Berusaha mengingat tapi liriknya terbalik-balik. Saya punya kaset lagu-lagu Jamnas 2001, tapi sekarang ntah dimana. Saya search google pun tidak menemukan video, musik atau liriknya. Kurang-lebih seperti ini liriknya:

Bergerak serentak penggalang Indonesia, menuju Jambore Nasional
Di Baturraden kita saling berhimpun, bina persaudaraan
Jambore Nasional 2001, kreatif ramah dan mandiri
Selaras alam kita menghimpun jiwa, dalam kebersamaan
Bangun dan rekatkan jati diri bangsa, demi kejayaan Indonesia
Berlatihlah dengan riang gembira, di Jambore Nasional kita,
Sukseskan dan kita galang persatuan dalam kebhinekaan

Untuk yang kangen lagu dan yel-yel Pramuka, bisa didengar di sini atau di sini.

Ternyata, teman-teman alumni/ purna Jamnas 2001 punya akun di Instagram dan ada group chat juga. Mereka reuni akbar di Jamnas X 2016 di Cibubur tanggal 14-21 Agustus 2016 kemarin.

group whatsapp purna jamnas 2001
group whatsapp purna jamnas 2001

 

Ada cerita lain dari Purna Jambore Nasional 2001 di blog ini dan ini.

Terimakasih sudah membaca ya~~

Ikutan Pramuka banyak manfaatnya ;)

Salam Pramuka!

– cicifera –

Update 12 Oktober 2016

Situs purna Jamnas launching hari ini \^^/ Silakan kunjungi website Ikatan Purna Jamnas Pramuka Indonesia dan daftar di sini ya.. Terbuka untuk purna Jambore Nasional tahun kapan pun dan dari kontingen mana pun, yuk jalin silaturahmi~~

 

#1minggu1cerita
#1minggu1cerita mendukung kamu untuk tetap berbagi cerita setiap minggunya ;) yuk gabung! bit.ly/why1minggu1cerita
Advertisements

13 thoughts on “Purna Jambore Nasional 2001

  1. Pingback: Jadi, untuk apa upacara bendera? | cicifera

  2. Pingback: Memilih dan belajar menjadi ibu rumah tangga - @cicifera

  3. Pingback: Menyongkel Mata Ikan Berujung Ke UGD Malam-malam - @cicifera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s