Ambil Langkah Pertama! Hijrah

Ambil Langkah Pertama!

Moving on, for a change, for the better ^_^ Let’s Hijrah..

Untuk melakukan perubahan atau keluar dari zona nyaman, mengambil langkah pertama akan terasa sulit sekali. Tapi biasanya, kalau sudah berani mengambil satu keputusan, adaaa aja kesempatan terbuka, seperti diberi jalan gitu… Memang butuh trigger/ paksaan untuk mengalahkan alasan-alasan yang memberatkan kita untuk melangkah, bisa trigger dari luar, bisa juga dari dalam diri kita sendiri.

Saya mau share sedikit tentang langkah pertama saya berjilbab (pengertian hijrah secara maknawi).

Dari tahun ke-2 kuliah, perasaan ingin berjilbab itu muncul. Dulu di kosan saya, mayoritas penghuninya memakai jilbab, termasuk ibu kost. Saya pernah meminjam dan mencoba jilbab teman saya lalu ber-selfie-ria karena senangnya ^^ Tapi kemudian saya mengurungkan niat saya karena banyak alasan. Gerah lah, ribet pilih-pilih baju, takut karir saya terganggu (saya kuliah sambil kerja), khawatir jilbab menjadi buruk citranya karena perilaku saya, ga bebas ini itu, dll.

Walau mengurungkan niat memakai jilbab, saya tetap follow akun-akun islami di social media dan sering sekali menemukan status/ tweet tentang menutup aurat di timeline saya. Waktu ke toko buku pun yang terlihat adalah buku-buku tentang berjilbab. Padahal dulu saya tidak begitu tertarik ke kolom buku Islam :D

Sampai akhirnya saya menemukan komunitas @mudamuliaID dan training #mudamulia. Mengikuti training pengembangan diri ini ternyata adalah langkah pertama saya untuk hijrah. Waktu masuk ruangan training, saya merasa canggung. Mayoritas peserta wanita sudah memakai jilbab dan saya belum xD Akk, salah kostum! Selesai training, makin kuat perasaan saya ingin berjilbab. Tapi teteeep, belum juga berjilbab.

Beberapa bulan setelah itu, saya mendapat info tentang komunitas @greatmuslimahID dan training “Be a greatmuslimah”. Karena feeling ga enak (takut salah kostum lagi), akhirnya saya berangkat training dengan memakai jilbab. Benar saja, sampai di lokasi, semua peserta adalah muslimah berjilbab. Teh Pepew banyak sharing tentang dirinya dan orang-orang yang berjuang untuk hijrah. Saya pun berkesempatan untuk bicara, saya terus terang bahwa saya sebenarnya belum berjilbab. Dan jadilah hari itu hari pertama saya berjilbab, tanpa disengaja x))

Pulang dengan antusias dan kemudian bingung, “besok kuliah pakai baju apa ya?”. Sebenernya bisa aja sih besok ga pakai jilbab, tapi saya harus terusin nih pakai jilbabnya, malu dong.. *kan sudah tau wajibnya menutup aurat ;) Teman-teman @greatmuslimahID juga tau nya saya sudah berjilbab, mereka support agar saya istiqomah dalam berjilbab.

Memang hidayah itu harus dijemput yaa.. (ini kalimat Lia yang ngena rasanya xD)

Adaaa aja ya jalan Allah.. Saya bongkar lemari, ternyata saya punya banyak baju lengan panjang dan celana panjang, tapi saya hanya menemukan satu jilbab putih dan sudah tipis. Akhirnya saya meminjam jilbab teman saya, dan sempurna lah hari pertama saya berjilbab di kampus :) Pulang kuliah langsung mampir Pasar Baru, hunting jilbab dan perlengkapannya ^^

“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” – (QS. An-Nisa : 100)

Kalau langkah pertama saya pindah tempat tinggal/ merantau (pengertian hijrah secara hissi), bisa dibaca di sini. Saya SMK di Jakarta, kuliah dan kerja di Bandung. Di Bandung, saya sempat 4x pindah tempat tinggal, menyesuaikan jarak kampus dan kantor. Setelah menikah, saya ikut suami ke Tangerang. Next? Belum tau xD

Siapa tau suami punya rencana berkarir di luar negeri? atau sekolah lagi, seperti Hani di Australi, Ika di San Francisco atau Edo di Inggris? Sempat terbesit keinginan saya untuk tinggal di luar negeri, seperti Marchie di New Zealand, Mega di Texas atau Nando di Perancis. Mereka sudah berkeluarga dan juga mempunyai anak *jadi merasa tertantang #eh :))) Bukan bermaksud membandingkan.. Semua pasti punya tantangannya masing-masing :D

Kalau suatu saat nanti diberi kesempatan pindah ke luar negeri, saya cenderung akan memilih negara yang Islam-nya masih kuat, family/ kids friendly dan bisa support karir suami pastinya ;) *ah sudah lah, bisa melebar nanti tulisan ini, haha..

Semoga kita selalu diberi hidayah dan petunjuk oleh Allah, diberi kemudahaan dan kekuatan dalam menjalankan kegiatan dan rencana-rencana kita, Aamiin.. <3

Hope a better life? Hijrah! Take one step a head ;)

 

-by. @cicifera

#1minggu1cerita
#1minggu1cerita mendukung kamu untuk tetap berbagi cerita setiap minggunya ;) yuk gabung! bit.ly/why1minggu1cerita

 

8 thoughts on “Ambil Langkah Pertama! Hijrah

  1. Alhamdulillah… take a step and the bigger thing is coming.. Suami juga pasti lebih senang kan istrinya berhijab? Hehe.. Dibanding sekolah atau berkarir di luar negeri, tergoda untuk membesarkan anak disana juga gak, Cifer? Aku tergoda punya anak di Jepang, yang kayaknya lebih islami aja gitu xD

    1. Nah ya itu han.. :))
      Ada 3 temenku yang aku mention di tulisan ini tuh membesarkan anak-anaknya di luar negeri, malah ada 1 yang istrinya melahirkan disana dan ada 1 yang anaknya seumuran dengan anakku..
      Kan jadi mupeng, hahhaha xD
      Eh aku setuju, “take a step and the bigger thing is coming” ;)

  2. Baca tulisan Mbak, jadi inget pengalaman saya dulu waktu pertama kali memutuskan berjilbab. Waktu itu momen nya nanggung bgt, pas kelas 3 SMA akhir. Pertimbangannya, nanti baju seragam panjangnya cuma dipakai sebentar. Tapi karena tekad udah bulat, alhamdulillah itu nggak jadi halangan…

    Salam kenal, Mbak Cifer…

Leave a Reply

