Liburan ceria melihat jerapah bersama Tempra Syrup

Sudah lama Papa punya rencana untuk mengajak Fais liburan melihat jerapah karena Fais suka sekali main dengan mainan hewannya, terutama jerapah. Alhamdulillah Lebaran Idul Adha kemarin, Papa Fais bisa ambil cuti dan kita bisa liburan ke Taman Safari Indonesia.

Rencana sudah disusun matang, kita berlibur 2 hari 1 malam, Kamis-Jumat (sengaja menghindari weekend). Hari pertama langsung ke Puncak, makan di Cimory lalu ke Taman Safari dan menginap di Puncak. Hari kedua, papa Jumatan di Puncak, lalu kita turun ke arah Bogor, wisata belanja dan beli oleh-oleh dulu sebelum pulang.

Tapi setelah lebaran, Fais demam! dan ga mau makan :(

Argh, H-2 ini… Khawatir batal jalan-jalan kalau masih sakit begini. Ya namanya juga sakit, ga bisa diprediksi, mungkin Fais tertular Mama yang memang lagi masuk angin?

H-2 Liburan, Fais Demam
H-2 Liburan, Fais Demam

Untung Mama selalu ada termometer dan stok obat di rumah. Mama mengontrol panas tubuh Fais 4 jam sekali dan segera memberi Tempra Syrup yang dipercaya cepat menurunkan demam saat panas Fais sudah melebihi 37,5 C. Tempra Syrup (Rasa Anggur) ini adalah salah satu produk dari Taisho yang sering Fais gunakan selain Kenalog. Tempra bekerja langsung di pusat panas, aman dan tidak menimbulkan iritasi lambung. Info selengkapnya bisa dibaca di Facebook Page Tempra ya ;)

Hal yang bisa dilakukan ketika anak demam:

  1. Perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

  2. Oleskan minyak kayu putih, minyak telon, vicks atau penghangat tubuh lainnya.

  3. Kompres badan anak dengan air hangat.

  4. Pakaikan baju yang tipis agar anak merasa lebih nyaman, segera ganti baju jika lembab karena keringat.

  5. Perbanyak tidur dan istirahat.

  6. Jika panas sudah lebih dari 37,5 C, beri paracetamol anak.

  7. Jika berada di ruang AC, atur suhu ruangan jangan sampai terlalu dingin.

  8. Jika anak ga mau makan nasi, bisa diganti dengan sup, bubur, beri buah, biskuit, roti atau makanan lain.

  9. Jika masih minum ASI, gempur ASI yang banyaaaak.

  10. Beri susu tambahan jika perlu.

 

Fais ga batuk pilek, feses masih normal/ ga diare dan ga mual/ muntah, lalu penyebab demamnya apa ya? Mama kepikiran. Daripada mengira-ngira, besoknya (H-1 liburan) Fais dibawa ke dokter.

Tempra Syrup, obat yang dipercaya menurunkan demam
Tempra Syrup, obat yang dipercaya menurunkan demam

 

Kata dokter, Fais terkena radang tenggorokan. Dokter menganjurkan Mama untuk memberi Fais banyak minum air putih (air hangat lebih baik), makan makanan yang lembut dulu (seperti bubur ayam atau sup jagung), dan jika masih demam, obat penurun panasnya boleh diteruskan. Beri dosis 0,8 ml saja sudah cukup karena setiap 5 ml Tempra Syrup mengandung 160 mg Paracetamol.

Pulang dari dokter, mama langsung buat sup jagung dan Fais suka. Sesekali Mama kasih roti dan biskuit karena Fais belum mau makan nasi. Menjelang malam panas Fais mulai turun. Mama papa berkemas-kemas buat berangkat jalan-jalan, tapi kalau besok pagi Fais masih demam, kita batalkan rencananya.

Hari H! Tempra cepat menurunkan demam dan kita jadi liburan \^^/

 

Pagi ini Fais sudah membaik. Kita berangkat santai, jam 6 baru keluar dari rumah menuju puncak. Alhamdulillah jalanan lancar, sekitar jam 08.30 kita sudah siap sarapan di  Cimory Riverside resto. Yeay~ Jalan-jalan kali ini dibuka dengan icip-icip kuliner puncak sambil menikmati derasnya sungai dan rindangnya Cimory Riverside. Fais senang sekali, ini pertama kalinya Fais melihat sungai deras dengan batu-batu besar.

 

Dari Cimory Riverside, kita lanjut ke Taman Safari, ga lupa membeli wortel untuk memberi makan hewan di dalam nanti. Tiket masuk Taman Safari Rp 150.000,-/orang dan parkir mobil Rp 15.000,- Fais ga bayar tiket masuk karena masih di bawah umur 2 tahun. Beda banget sewaktu nonton Oriental Circus di Maze Market yang harus membayar full untuk anak di atas 1 tahun xD

Fais senang sekali bisa melihat banyak hewan di sini. Fais sampai berdiri-diri di pangkuan mama, tunjuk ini-itu. Saat melihat hewan favoritnya, Fais langsung bilang “Ma, ma.. Gajah.”,”Jerapah ma, pah pah..”. Bahkan Fais sempat mengambil mainan singa yang dibawanya dan menunjuk pada hewan yang dilihatnya, “Ma, aum, sama.” Mama senang sekali rasanya, bisa liburan ceria bersama Fais seperti ini.

hewan-hewan-taman-safari

 

Selain bisa melihat bermacam-macam jenis hewan dan berinteraksi langsung dengannya, kita juga bisa menyaksikan teater cowboy, pertunjukan hewan dan bermain di berbagai macam wahana atau naik gondola :)

Kami makan siang dan sholat di dalam Taman Safari. Sekitar jam 15.00 kita check-in ke Hotel Pesona Alam Resort & Spa yang letaknya sangat dekat dengan Taman Safari. Selain udaranya yang sejuk, pemandangan hotelnya bagus sekali. Yang paling penting, hotel ini cocok untuk anak-anak atau bisa dibilang kids-friendly. Disini ada playground, lapangan futsal dan banyak rumput yang bisa dipakai lari-lari ^^

 

Malamnya, kita makan masakan sunda di RM. Bumi Aki Puncak. Fais suka sekali dengan ayam goreng kremesnya :9 Oiya, udaranya dingiiiin sekali.. Pakai jaket, kupluk dan kaos kaki biar hangat :D Bbrrr~~

bumi-aki-resto
makan malam di RM. Bumi Aki Puncak

Perut kenyang, hati senang~ Bisa tidur dengan senyuman.. ^^

bobo-di-hotel
bobo di hotel pesona alam resort & spa puncak

Tips liburan ceria bersama anak:

  1. Sounding dari jauh hari (misal seminggu sebelumnya). Beri tau anak jika ia akan liburan. Jelaskan nanti disana akan ada apa saja.

  2. Buat anak merasa nyaman selama dalam perjalanan. Bisa bawa mainan atau dvd lagu kesukaan.

  3. Bawa makanan/ minuman yang cukup selama perjalanan, terutama air putih dan cemilan favorit.

  4. Buat Itinerary tapi jangan terlalu kaku, sesuaikan dengan situasi dan kondisi anak.

  5. Perhitungkan Budget liburan dan lebihkan sedikit uang cash yang dipegang.

  6. Pilih hotel/ tempat menginap yang kids friendly dan nyaman juga untuk beristirahat.

  7. Berkemas (packing) bisa dimulai dari H-2, catat dan buat daftar perlengkapan anak.

  8. Dokumen penting (paspor, tiket, hotel, dan lainnya) taruh di tempat yang mudah dijangkau.

  9. Papa Mama makan yang teratur, jaga stamina tubuh dan jaga mood selama liburan. Bila perlu, minum multivitamin ;)

  10. Bawa obat yang biasa digunakan. Minyak kayu putih, minyak telon, obat penurun panas, obat mual/ muntah, obat diare, dan obat-obatan lainnya.

Note:
Jangan lupa charger full handphone dan camera digital sebelum berangkat liburan yaa :D

 

Terimakasih sudah berkunjung, semoga cerita ini bermanfaat ;) Baca juga cerita Fais main-main di Kids@Work Mall Alam Sutera ya~

“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.”

Advertisements

16 thoughts on “Liburan ceria melihat jerapah bersama Tempra Syrup

  1. Wah..seru mbak..ikutan nyontek jalan2 nya mbak cicifera hehehe. Kl anak sy deman,dia sukanya naprex paracetamol emang lebih kental jd kl anak yg kecil minum musti diencerkan dl..senangnya fais langsung sehat ya..liburannya ceria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s